Logo Asad

Perayaan Hari Santri tampak berbeda

Santriwati MTS

Hari Santri merupakan sebuah persembahan dari Presiden Indonesia terhadap perjuangan Santri seluruh Indonesia dalam membela tanah Air, setelah keluar Keppres Nomor 22 Tahun 2015. Penetapan Hari Santri dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Masjid Istiqlal, Jakarta pada 2015 lalu.

Pelaksanaan perayaan Hari Santri dilaksanakan pada hari Minggu (22/10), Peringatan Hari Santri Nasional yang Kesembilan di Pondok Pesantren As’ad dilaksanakan di dua lokasi sekaligus, yaitu lokasi 1 yang dihadiri oleh Staf Yayaysan perguruan Pondok Pesantren As’ad, Majlis guru serta Santri Madrasah Tsanawiyah (MTS) putra dan putri yang tepisah. Sementara pada lokasi 2 dihadiri oleh guru serta para santri Madrasah Aliyah (MA) Pondok Pesantren As’ad.

Acara tersebut tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya akibat  kendala kabut asap yang masih tampak menghalangi pandangan dan cendrung tidak sehat, meski demikian hal tersebut tidak mengurangi khidmat santri dalam memeriahkan Peringatan Hari Santri Nasional.

Pada acara tersebut juga ada kata sambutan dari guru Mahfudin S.PD.I, selaku Waka kurikulum beliau menjelaskan tentang pentingnnya menjaga Kesehatan dan kebersihan dilingkungan sekitar, apalagi kondisi cuaca dan polusi udara yang buruk. yaitu penyakit hepatitis nah beliau juga memberitahu kalau kita harus menjaga kesehatan dan selalu hidup bersih. Serta guru Mahfudin juga berpesan” jangan cuma hari santri saja kita harus bersikap khidmat tetapi juga pada setiap acara”

Tidak jauh berbeda Wakil Diktren Lokasi Satu Ibu Dra. Hj. Hidayah selaku  pembina upacara menyatakan hal serupa, beliau juga menambahkan tentang sejarah awal diperingatinya Hari Santri Nasional.

Setelah kata sambutan, dilanjutkan dengan resolusi jihad yg diikuti oleh seluruh santri Pondok Pesantren As’ad dan dilanjutkan menyanyikan lagu mars hari santri dan yalal waton oleh seluruh santri, serta memperkenalkan santri akan majalah karya mahasantri yang membahas tentang fiqih dan ashul fiqih dan acara diakhiri dengan doa.

Akhir peringatan Hari Santri Nasional ditutup dengan ramah tamah bersama, baik staff, seluruh majlis guru, dan santri Pondok Pesantren As’ad.

Penulis : Siti Zaharatul Husna, XI MIPA 3

Facebook
WhatsApp
Telegram
Print
Admin Ponpes

Admin Ponpes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *